RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK Negeri 2 Kota Tangerang
Mata
Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester : X / I (satu)
Materi Pokok :
Materi dan Perubahannya
Alokasi Waktu : 3 x 2 JP
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
|
1.1
Bertambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas interaksi senyawa kimia di
alam jagad raya sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
1.2
Menyadari keberadaan energi
yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud
kekuasaan Tuhan YME
|
-
Selalu
mengawali berdo’a sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
-
Selalu
bersyukur dan tawadu ditunjukkan pada sikap yang baik terhadap alam
terutama senyawa kimia
-
bijaksana
terhadap lingkungan dan memiliki
prilaku hemat dan efisien dalam pemakaian energi.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; bekerja sama; proaktif; kreatif;
inovatif) dan menghargai kerja individu/kelompok dalam aktifitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap pada kegiatan
ekplorasi/eksperimen
2.2 Menunjukkan
sikap kritis; teliti; cermat dan konsisten dalam menyajikan dan menafsirkan
data
2.3 Menunjukkan sikap
peduli dalam menjaga lingkungan (laboratorium dan lingkungan sekitar) dan
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam
|
-
menunjukkan
sikap antusias dalam mengikuti pelajaran
-
aktif dalam
kegiatan kegiatan eksplorasi.
-
Saling
kerjasama dalam kelompok maupun dengan kelompok lain dan menunjukkan sikap saling menghargai
-
mengolah dan
menyajikan data.
-
Peduli dengan
lingkungan dengan menjaga kebersihan lingkungan kerja dan menghemat energi
yang digunakan.
|
3.1 Menganalisis
konsep materi dan perubahannya
|
- Memahami pengertian materi
- Menyebutkan dan membedakan sifat fisika dan kimia materi
- Menyebutkan dan Membedakan
perubahan fisika dan kimia
|
4.1
Mengklasifikasikan
perubahan materi berdasarkan sifat-sifatnya
|
-
Mengelompokkan
materi berdasarkan sifat kimia dan sifat fisika
-
Mengelompokkan
materi berdasarkan perubahan fisika dan perubahan kimia
-
Mengklasifikasikan
materi dalam golongan unsur, senyawa dan campuran
|
C. Tujuan
Pembelajaran,
Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan adalah ;
1.
Siswa dapat meningkatkan keimanannya kepada Tuhan yang Maha Esa dengan
menyadari keberadaan sifat materi, perubahan materi dan klasifikasi materi
2.
Siswa dapat menunjukkan sikap peduli dan bijak terhadap energi dan
lingkungan dalam pemanfaatan dan penggunaan sumber daya alam
3.
Siswa dapat menunjukkan sikap rasa ingin tahu, teliti, cermat, dan
saling menghargai pada kegiatan eksplorasi dan kerja kelompok
4.
Siswa mampu menganalisis konsep materi, sifat materi dan perubahan
materi
5.
Siswa dapat mengklasifikasi perubahan materi berdasarkan
sifat-sifatnya
D. Materi Pembelajaran
Materi
dan Perubahannya
-
Materi
-
Sifat Materi
-
Perubahan Materi
-
Klasifikasi Materi
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pembelajaran Scientific
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi Kelompok
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Slide/Proyektor dan Laptop
2.
Sumber Belajar
: Modul, Buku Paket Kimia Kelas X, dan Internet
G. Langkah-langkah
Pembelajaran/Rancangan Pertemuan
Pertemuan
ke-1
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
1.
Guru Memberi Salam dan Berdo’a
2.
Memeriksa Kehadiran, Kerapihan Seragam Siswa dan Kebersihan Kelas.
3.
Guru Menyampaikan Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran
4.
Memberikan Motivasi Belajar Tentang Pengelompokkan Materi dan
Sifat-sifatnya, berdiskusi dan tanya jawab mengingatkan definisi materi dan
contohnya.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
(Mengamati, Menanya,
Mengeksplorasi, Mengasosiasi dan Mengkomunikasi)
1.
Siswa mengamati dan mendiskusikan tentang pengertian materi
dan sifat-sifat materi yaitu wujud
materi, sifat fisika ataupun sifat
kimia, dan dapat membedakannya dengan jelas
masing-masing sifat meteri tersebut.
2.
Guru menugaskan kepada untuk siswa untuk diskusikan
tentang contoh-contoh dalam kehidupan
sehari-hari tentang materi dari wujud materi dan sifat-sifatnya (sifat fisika dan
sifat kimia)
3.
Kemudian guru menampilkan dalam slide proyektor beberapa macam
materi/zat. Siswa ditugaskan secara berkelompok untuk mengidentifikasi materi/zat-zat tersebut
kemudian kelompokkan materi-materi tersebut sesuai dengan wujud
dan sifat-sifatnya. siswa membuat
kolom-kolom wujud zat , sifat
fisika dan sifat kimia.
4.
Guru menugaskan kelompok untuk mengkomunikasikan
hasil diskusinya kedepan.
Untuk dikoreksi secara bersama-sama dan mencari kesepakatan.
5.
Setelah itu guru menugaskan
siswa satu persatu mengisi kolom-kolom (sifat fisika dan kimia) pada lembar kerja yang telah
disediakan.
|
60 menit
|
6.
Hasil kerja tersebut di koreksi
bersama-sama. Sambil mengulangi konsep diawal dan mencocokkan konsep tersebut dengan hasil
kerja siswa, kemudian melingkari yang
benar dan koreksi yang masih salah.
7.
Menyimpulkan hasil kegiatan tadi dengan bersama-sama menguatkan konsep
dengan contoh zat yang ada.
8.
Guru memberi penghargaan kepada siswa yang memperoleh nilai tinggi
jawaban dengan memberikan tepuk tangan bersama.
Kegiatan Akhir
Penugasan dan Penutup
1.
Pemberian informasi
pembelajaran pertemuan ke-2 yaitu tentang perubahan materi (perubahan
materi fisika dan kimia)
2.
Pemberian tugas latihan dirumah
3.
Penutup dan salam
|
( 5 menit)
|
Pertemuan ke-2
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
1.
Guru Memberi Salam dan Berdo’a
2.
Memeriksa Kehadiran, Kerapihan Seragam Siswa dan Kebersihan Kelas
3.
Menyampaikan Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran
4.
Memberikan Motivasi Belajar Tentang Perubahan Materi, dan
pembagian kelompok untuk mengamati perubahan materi.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
(Mengamati, Menanya, Mengeksplorasi, Mengasosiasi
dan Mengkomunikasi)
1.
Siswa didalam
kelompoknya mengamati secara konsep pengertian perubahan
materi secara fisika dan secara kimia dan dapat mengelompokannya.
2. Memfasilitasi
kelompok
siswa untuk
mengidentifikasi kejadian-kejadian sehari-hari yang termasuk dalam perubahan materi fisika dan kimia
3.
Siswa berdiskusi
dalam kelompoknya untuk memahami perbedaan dan ciri-ciri perubahan materi
fisika dan kimia
4.
Memberikan kesempatan kelompok lain untuk
mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya berupa susunan laporan hasil
pengamatan dengan presentasi ke depan.
5.
Guru memberikan tanggapan dan simpulan
berdasarkan hasil diskusi kerja kelompok secara komunikatif.
6.
Guru memberikan lembar kerja siswa yang terdapat di modul kemudian
membahas soal-soal yang telah yang kurang paham.
7.
Memberikan tanggapan positif berupa
penguatan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya dan juga yang belum.
Kegiatan Akhir
Penugasan
dan Penutup
1.
Pengarahan untuk tugas pertemuan
ke-3
2.
Pemberian tugas latihan dirumah
3.
Penutup dan Salam
|
60 menit
5 menit
|
Pertemuan
ke-3
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
1.
Guru Memberi Salam dan Berdo’a
2.
Memeriksa Kehadiran, Kerapihan Seragam Siswa dan Kebersihan Kelas
3.
Menyampaikan Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran
4.
Memberikan Motivasi Belajar Tentang klasifikasi materi, dan
pembagian kelompok klasifikasi materi
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
(Mengamati, Menanya,
Mengeksplorasi, Mengasosiasi dan Mengkomunikasi)
1.
Siswa didalam
kelompoknya mengamati dan memahami
pengertian unsur, senyawa dan campuran
serta contohnya, dengan mengamati unsur, senyawa dan campuran yang terdapat dalam
kehidupan sehari-harii
2.
Hasilnya didiskusikan dalam
kelompoknya mengelompokkannya kedalam unsur, senyawa dan campuran.
3. Memfasilitasi
kelompok
siswa untuk
menyebutkan contoh unsur, senyawa dan campuran
4. Memberikan
kesempatan siswa untuk mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya berupa susunan
laporan hasil diskusi
5.
Guru memberikan tanggapan dan simpulan
berdasarkan hasil diskusi kerja kelompok secara komunikatif
6.
Mendalami konsep klasifikasi materi dengan membahas lembar kerja yang
ada di modul dan soal-soal yang ada
7.
Memberikan tanggapan positif berupa penguatan pada siswa yang
telah dapat menyelesaikan tugasnya dan yang belum dapat meyelesaikannya.
Kegiatan Akhir
1.
Pengarahan untuk ulangan
akhir kompetensi
2.
Pemberian tugas latihan dirumah
3.
Penutup dan Salam
|
60 menit
5 menit
|
H. Penilaian
1. Pengetahuan
( kuis, tes tulis/lisan dan Penugasan)
2. Keterampilan
(performance dan proyek)
3. Sikap
(observasi dan jurnal)
Tangerang, Juli 2014
Mengetahui Guru Kimia
Kepala SMK Negeri 2 Kota Tangerang
Drs. H. Purwanto AT A. Marta Nurdin S, ST.,M.Pd
NIP. 19560106
198203 1 007 NIP.19730307
200604 1003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar